Cara diet sehat dengan minum air putih

Cara diet sehat memang banyak cara dilakukan untuk memiliki hidup sehat yang alami dan dinamis. Mulai dari mengubah pola hidup sehari-hari, mengubah pola makan dengan melakukan beberapa diet sehat, hingga mengkonsumi nutrisi khusus untuk diet. Kali ini, salah satu cara hidup sehat untuk diet adalah dengan mengkonsumsi segelas air putih setiap pagi hari saat kita bangun pagi.

Perlu anda ketahui, tubuh kita secara jasmaniah memiliki kandungan cairan tubuh sebanyak 60% lebih. Setiap hari, tubuh melakukan aktifitas yang menguras tenaga dengan melalukan pembakaran kalori yang membuang cairan tubuh. Untuk beraktifitas sepanjang hari, tubuh kita kehilangan cairan melalui pernafasan, urin dan feces (kotoran). Agar tubuh dapat bekerja dengan baik, kita harus mengisi persediaan air tersebut dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung air. 

Cara diet sehat
Banyak penelitian menyatakan bahwa, rata-rata orang dewasa mengeluarkan urin sebanyak 1,5 liter (6,3 cangkir) per hari. Tubuh kita a akan kehilangan hampir sekitar 4 cangkir air putih setiap harinya, melalui pernafasan, keringat dan pergerakan usus. Sedangkan makanan biasanya menyumbang 20 persen dari total asupan cairan. Jika Anda mengonsumsi 2 liter air atau minuman lainnya dalam sehari (kurang lebih 8 cangkir), maka Anda telah menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Apa hubungannya konsumsi air putih dengan diet sehat ?
Untuk menciptakan tubuh yang sehat dengan melakukan cara hidup yang sehat dan alami, sebaiknya anda memperhatikan penjelasan diatas. Air menjadi hal penting dalam sistem metabolisme tubuh kita. 

Perlu kita ketahui, Air yang kita konsumsi merupakan suatu komponen paling penting bagi tubuh kita untuk beraktifitas dan membentuk sekitar 60% dari berat badan anda. Setiap sistem sekresi dan metabolisme dalam tubuh bergantung dengan air. Sebagai contoh: air akan melarutkan racun dari organ-organ vital tubuh, membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan memberikan lingkungan yang lembab bagi telinga, hidung dan tenggorokan.

Selain itu, asupan air yang dibutuhkan oleh tubuh kita, tak hanya berasal dari konsumsi air putih saja, melainkan juga dari makanan dan minuman yang mengandung air. Meskipun begitu, akan jauh lebih baik bila kita memilih untuk mengkonsumsi air putih ketimbang jenis minuman lainnya yang banyak mengandung gula, kalori, kafein dan zat-zat lainnya.

Ada beberapa pendapat yang menyatakan bawah banyak minum air, maka berat badan akan bertambah, padahal anggapan tersebut adalah salah. Justru dengan meminum air putih hangat sebelum makan, maka makanan yang akan kita makan terkontrol (porsi makan menjadi tidak terlalu besar). Air putih yang memang tidak mengandung kalori, gula ataupun lemak ini akan membantu memperlancar pencernaan. Dengan sistem ini, maka kita akan lebih mudah menjaga berat badan.

Selain itu, menurut beberapa ahli yang telah melakukan penelitian mengenai manfaat kandungan dalam air bagi kesehatan tubuh kita, cairan yang masuk dapat membantu memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan. Selain itu, oksigen yang masuk dalam tubuh lebih tertata dengan baik karena dibantu oleh cairan yang masuk. Dengan cara ini, maka tubuh akan mampu menjaga kestabilan sirkulasi darah sehingga dapat membantu mencegah stroke. selain itu, manfaat air putih memperlambat tumbuhnya zat penyebab kanker dan juga dapat mencegah tumbuhnya penyakit hati dan batu ginjal.

Nah, dengan beberapa penjelasan diatas, sedikit kita bisa ambil kesimpulan. Bawah air putih memiliki peran dalam sistem metabolisme tubuh dan sekresi. Semua itu mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh yang didominasi oleh air yang menjadi katalis dalam setiap proses aktifitas yang kita lakukan secara rutin.

Selamat menikmati hidup sehat dengan cara yang alami.

0 Response to "Cara diet sehat dengan minum air putih"

Post a Comment